Tips Menjadi Penulis ala Ramaditya Adikara

menulis efektifIngin menjadi penulis? Kalau ya, artikel ini akan membantu anda. Memang, menjadi penulis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Harus ada usaha extra yang harus dikerahkan. Menulis adalah seni. Dan, seni tidak muncul begitu saja. Harus melalui proses yang panjang. Dilakukan berulang-ulang. Serta, tak pernah bosan mengembangkan diri menjadi lebih baik. Oleh karena itu, al-faqir menyempatkan diri menulis tips-tips menjadi penulis. Tips ini pernah dikemukakan oleh Ramaditya Adikara, seorang penulis hebat tuna netra pada salah satu seminar. Tips-tips itu sebagai beriktu:

Pertama, memiliki niat menjadi penulis. Artinya, kalau kita memang ingin menjadi penulis, tanam niat dalam-dalam. Siramlah dengan semangat. Jagalah dengan percaya diri. Insyaallah, apa yang kita inginkan akan tercapai. Bukankah Rasulullah saw. pernah bersabda, “Sesungguhnya, setiap pekerjaan itu tergantung niatnya.”? Tentu, Hadis ini juga berlaku pada orang yang ingin menjadi penulis. Niatlah dalam hati kalau kita benar-benar ingin menjadi penulis. Tancapkan sedalam-dalamnya. Dan jangan lupa, perbaiki niat itu. Agar menjadi ibadah.

Kedua, I LOVE ME. Maksudnya? Kita begitu sering mengatakan I love you. Kita juga gampang mengatakan kata-kata itu. Tapi, kita begitu kelu untuk mengatakan I love me. Aku mencintai diriku. Padahal, setiap apa yang kita lakukan, kita harus mencintainya. Kita mencintai diri kita. Kita mencintai aktivitas kita. Mencinta kreativitas kita. Apa pun itu. Orang bijak mengatakan, “kita harus belajar menghargai karya kita sendiri. Seperti apapun bentuknya.” Dengan demikian, Cintailah menulis. Sukailah menulis. Menulislah dengan suka cita. Bukan karena terpaksa.

Ketiga, sering berkumpul dengan orang yang senang menulis. Kita ditentukan oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Masa depan kita tergantung sahabat dan lingkungan. Tak heran jika ada pepatah, “Berkumpul dengan tukang pandai besi akan kebagian arang, berkumpul dengan tukang minyak wangi akan wangi juga.” Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi penulis, sring-seringlah berkumpul dengan orang yang senang menulis. Kita bisa mendapat arahan dan motivasi darinya. Kita juga bisa saling berbagi dam minta solusi ketika kita mempunyai masalah dalam tulis-menulis.

Keempat, banyak membaca. Membaca dan menulis adalah saudara. Keduanya harus sama-sama dilakukan. Jika menulis saja tanpa membaca, tulisan kita akan kaku. Tidak enak dibaca. Jika kita membaca saja tanpa menulis, ilmu yang kita dapatkan hanya dinikmati oleh kita saja. Tidak bisa dinikmati oleh orang lain. Jika demikian, kita termasuk orang yang pelit ilmu. Padahal, zakatnya ilmu adalah diajarkan. Dengan demikian, menulis dan membaca sama-sama penting. Menulis dan membaca bagai kedua kaki. Jika salah satunya tidak sehat, berjalan akan pincang.

Kelima, berguru. Yang dimaksud guru di sini tidak harus formal. Siapa saja bisa jadi guru. Teman sebangku, kakak kelas bahkan adik kelas bisa menjadi guru menulis kita. Hal itu dibutuhkan, untuk membimbing kita menjadi penulis yang handal.

Akhiran, menjadi penulis gampang-gampang susah. Gampang karena siapa saja bisa menjadi penulis. Sulit karena menjadi penulis butuh latihan berkali-kali. Akan tetapi, jika kita mampu menjalani tips-tips yang dikemukakan oleh Ramaditya Adikara itu, Insya Allah kita benar-benar akan menjadi penulis. Tergantung kita. Kita ingin menjadi penulis benaran apa tidak. Kalau benar-benar ingin menjadi penulis, tidak salahnya kita mencoba tips-tips di atas. Maka, menulislah. Menulislah. Menulislah. Terapi terbaik menjadi penulis ya menulis. Menulis apa saja. Kita mulai dari hal-hal kecil. Seperti update status dengan baik di medsos. “Menjdi penulis yang baik bisa kita mulai dari yang kecil, seperti twiter.” Kata Ramaditya.

Semuga bermenfaat…

Iklan

One thought on “Tips Menjadi Penulis ala Ramaditya Adikara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s